Naimah's Blog

all about my life

Detik Finance : Harapan Soal Krisis Yunani Sukses Perkuat Wall Street

on June 1, 2011

Bursa Wall Street ditutup menguat lebih dari 1% didorong munculnya harapan baru atas rencana untuk mengatasi krisis utang di Yunani.

Saham-saham menguat tajam di awal sesi, namun selanjutnya sempat melemah akibat data permintaan pabrikan AS dan kepercayaan AS yang kurang baik. Namun rebound saham-saham di sesi akhir membuat indeks saham akhirnya ditutup menguat.

“Hari ini adalah hari yang baik, namun fakta bahwa Dow Jones menyerah dari gain awal dan akan ditutup lebih rendah untuk bukan ini, maka ini tidaklah positif,” ujar Donald Selkin, chief market strategist National Securities seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/6/2011),

Pada perdagangan Selasa (31/5/2011), indeks Dow Jones tercatat menguat hingga 128,21 poin (1,03%) ke level 12.569,79. Indeks Standard & Poor’s 500 juga menguat 14,10 poin (1,06%) ke level 1.345,20 dan Nasdaq menguat 38,44 poin (1,37%) ke level 2.835,30.

“Ada konflik antara laporan ekonomi yang datang dan lebih rendah dari ekspektasi dan harapan untuk resolusi krisis utang Yunani,” tambah Selkin.

Seperti diketahui, pejabat Uni Eropa telah mengeluarkan opsi untuk pemberian paket bailout kedua bagi Yunani, dengan keterlibatan sektor swasta yang masih dalam diskusi. Jerman yang menolak pendanaan ekstra dikabarkan menngurangi tekanannya untuk rescheduling awal surat utang Yunani.

Sepanjang Mei, indeks Dow Jones tercatat turun 1,9%, Nasdaq turun 1,3%. Indeks S&P turun 1,4% atau mencatat bulan yang terburuk sejak Agustus, ketika Bank Sentral AS mengumumkan program quantitative easing putaran kedua.

Kenaikan harga minyak mentah dan juga komoditas langsung mendongkrak saham sektor tersebut. Harga minyak mentah tercatat naik 2% sehingga mendorong saham Chevron Corp naik 1,6%, dengan indeks energi S&P naik 1,04%.

Saham Goldman Sachs Group naik 1,5% menjadi US$ 140,73 setelah perusahaan tersebut dinaikkan peringkatnya oleh JPMorgan dari ‘netral’ menjadi ‘overweight’.

Perdagangan berjalan belum terlalu ramai dengan transaksi di New York Stock Exchange hanya sebesar 8,20 miliar lembar saham, di bawah rata-rata tahun lalu yang sebesar 8,47 miliar lembar saham.

By : Nurul Qomariyah – detikFinance


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: