Naimah's Blog

all about my life

:. Penggunaan Komputer di Pasar Internasional (kelompok 3) .:

on June 17, 2011

Pasar Internasional atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan anak perusahaan. MNC memiliki jenis struktur organisasi seperti :

1. Divisi Fungsional Se Dunia

2. Divisi Internasional

3. Wilayah Geografis

4. Divisi Produk Se Dunia

Pasar Internasional memiliki dimensi-dimensi struktural pengolahan informasi seperti, pemprosesan informasi taktis vs strategis, informasi perusahaan dan negara vs informasi produk. Pasar Internasional memiliki lokasi dan kapasitas pengolahan informasi MNC.

Suatu MNC memerukan koordinasi. Koordinasi merupakan kunci mencapai keunggulan kompetitif dalam pasar global. bagi para eksekutif MNC kenyataan bahwa tantangan koordinasi lebih besar bagi MNC daripada perusahaan yang membatasi aktivitasnya di dalam negeri. Kesulitan timbul karena sumber daya yang digunakan MNC tersebar luas. Namun, kabar baiknya adalah kemajuan teknologi informasi dan metedologi pada dekade terakhir ini telah membuat koordinasi global menjadi lebih mudah.

Strategi Bisnis Global, memiliki empat bagian yaitu :

1. Strategi Multinasional, pada stategi ini perusahaan banyak memberikan kebebasan pada anak-anak perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berada dalam wilayah mereka. Ini merupakan sejenis strategi ‘lepas tangan’ yaitu perusahaan induk membiarkan para anak perusahaan mengembangkan produk dan praktek meeka sendiri.

2. Strategi Global, strategi ini mengumpulkan pengendalian di perusahaan induk. Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar. Arus produk dan informasi antara perusahaan induk dan anak perusahaan mengalir datu arah, yaitu menuju anak perusahaan.

3. Strategi Internasional, merupakan perpaduan sentralisasi pengendalian dari strategi global dan desentralisasi pengendalian dari strategi multinasional. Arus informasi dua arah antara perusahaan induk dan anak perusahaan. Keahlian mengalir ke anak perusahaan dan informasi keuangan mengalir ke perusahaan induk.

4, Strategi Transnasional, perusahaan induk dan anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi kebijakan operasi, dan mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. Perusahaan berusaha mencapai efisiensi dan integrasi global, sambil menyediakan fleksibilitas di tingkat lokal.

Global Business Drivers adalah suatu entitas yang mengambil manfaat dari economies of scale dan economies of scope, serta kemudian memberikan kontribusi pada strategi bisnis global. Tujuh driver yang diidentifikasi melalui survei atas 105 MNC yang berkantor di Amerika Serikat, yaitu :

1. Sumber daya bersama

2. Operasi yang fleksibel

3. Rasionalisasi operasi

4. Pengurangan risiko

5. Produk global

6. Pasokan yang langka

7. Pelanggan tingkat perusahaan

 

Raymond McLeod,Jr

Sistem Informasi Manajemen

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: